Kamis, 17 Maret 2016

Tehnik Komputer Jaringan

Tehnik Komputer Jaringan


ALGORITMA

Urutan langkah langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis

 Bilangan yang berbasis (10),yaitu : (0,1,2,3,4,5,6,7,8,9).

 Bilangan yang berbasis (2),yaitu : (0,1).

 Bilangan yang berbasis (8), yaitu: (0,1,2,3,4,5,6,7).

 Bilangan yang berbasis (16), yaitu: (0,1,2,3,4,5,6,7,8,9,a,b,c,d,e,f).

 Penulisannya =25e heksa

            =25e(16)

 Perbedaan Algoritma & Program

 Program adalah sekumpulan pernyataan komputer,

 Algoritma adalah metode dan tahapan sistematis dalam program.

 Program=Algoritma+Bahasa (Struktur data)

 Struktur data dan algoritma berhubungan sangat erat pada sebuah

program, algoritma yang baik tanpa pemilihan sruktur data yang

tepat akan membuat program tujuan kurang baik , demikian

Tehnik Komputer JaringanPage 1

Tehnik Komputer Jaringan

GERBANG LOGIKA

Adalah suatu entitas dalam elektronika dan matematika boolean yang mengubah

satu atau beberapa masalah logik menjadi sinyal keluaran logik. Gerbang logika terutama

diimplementasikan secara elektronis menggunakan diode atau transistor, akan tetapi dapat

pula dibangun menggunakan susunan komponen-komponen yang memanfaatkan sifat-sifat

elektromagnetik (relay), cairan, optik dan bahkan mekanik.

 Untuk membangun sistem logika yang berfungsi secara penuh, relay, tabung hampa,

atau transistor dapat digunakan.

 Gerbang “AND––” (AND gate)

 Gerbang logika yang mempunyai dua input atau lebih dari satu output. Dimana

output akan bernilai satu jika semua inputnya bernilai satu.

A B X

0 0 0

0 1 0

1 0 0

1 1 1

 Keterangan :

 A = Input A

 B = Input B

 X = Output

 Gerbang “OR” (OR gate)

 Gerbang logika yang mempunyai dua input atau lebuh dari satu output, dimana

output akan bernilai satu apabila salah satu atau kedua inputnya bernilai satu.

A B X

0 0 0

0 1 1

1 0 1

1 1 1

 Keterangan :

 A = Input A

 B = Input B

 X = Output

 Gerbang “NOT” (inverter)

 Gerbang komplemen pembalik

 Rumus mencari jumlah tabel kebenaran

N= jumlah input

Tehnik Komputer JaringanPage 2

Tehnik Komputer Jaringan

 Gerbang logika kombinasi

A B X X-

0 0 0 1

1 0 0 1

0 1 0 1

1 1 1 0

A B X X-

0 0 0 1

0 1 1 0

1 0 1 0

1 1 1 0

A B X

0 0 0

0 1 1

1 0 1

1 1 1

STRUKTUR KOMPUTER

 Input perangkat keras C memasukkan data /perintah kedalam komputer.

 Output untuk menampilkan keluaran dari hasil pengolahan data yang dapat

 i/o ports menerima / mengirim data keluar system , peralatan diatas terhubung

 CPU merupakan otak dari system komputer , dan memiliki dua bagian otak ,

berupa hard/soft copy.

Tehnik Komputer JaringanPage 3

Tehnik Komputer Jaringan

 Memory ada 2, yaitu:

 Data Base merupakan jalur perpindahan data antara modul dalam system

o ALU(Arithmatic Logical Unit) sebagai pusat pengolah data

o CU (Control Unit) pengontrol kerja komputer.

o RAM (Random Access Memory) digunakan untuk menyimpan program

yang kita olah untuk sementara waktu,

o ROM (Read Only Memory) digunakan sebagai penyedia informasi.

computer , biasanya terdiri dari 8,16,32,64 jalur data, lebar data ini menentukan

 Address Bus digunakan untuk menandakan lokasi atau tujuan pada saat proses

 Control Bus  Digunakan untuk mengontrol pengguna serta akses ke Data Bus dan

 Aturan dasar penjumlahan dalam sistem bilangan biner :

o 1+1 =0, simpan(carry) 1

o 1+1+1 =1

 Penjumlahan Biner

25 24 23 22 21 20

32 16 8 4 2 0

1 1 0 0 1

1 1 0 1 1

1 1 - 1 1 -

1 1 0 1 0 0

 Aturan dasar pengurangan

o 0-1 =1(pinjam 1 dari biat disebelah kirinya)

o Bit 0 menyatakan positif

o Bit 1 menyatakan negatif

A6 A5 A4 A3 A2 A1 A0

1 1 1 0 1 0 0 =-52

0 1 1 0 1 0 0 =+52

Bit Magnitude

Tehnik Komputer JaringanPage 4

Tehnik Komputer Jaringan

 Komplement ke-2

o Metode untuk menyatakan bit bertanda digunakan sistem kedua (2’s

complement form)

 Komplement ke-1

o Biner 0 diubah menjadi 1

o Biner 1 diubah menjadi 0

o Misal:

1 0 1 1 0 1 Biner awal

0 1 0 0 1 0 Komplemen pertama

- - - - - 1 Tambah 1 “LSB”

0 1 0 0 1 1 Komplement 2

o Operasi mengubah bilangan positif menjadi bilangan positif

o Hal tersebut dilakukan dengan mengkomplemenkan ke-2cdari biner

o Misal:

ekuivalennya, atau sebaliknya.

yang dikehendaki.

o Contoh :

o Misal:

 Negasi dari +9 adalah -9

 +9 =01001 biner awal

 -9 =10110 negasi (komplemen ke-2)

 +9 =01001 dinegasi lagi

 Bilangan  positif dan sebuah bilangan negative yang

lebih kecil

 Penjumlahan  +9 dan -4 , bilangan -4 diperoleh dari

komplemen ke-2 dari +4.

+9 0 1 0 0 1

-4 1 1 1 0 0

Carry di abaikan 1 0 0 1 0 1

o Dilakukan sebagaimana perkalian desimal.(maaf saya tidak menyertakan

contoh yang men detil)

o Dilakukan dengan cara yang hampir sama dengan bilangan desimal.

Tehnik Komputer JaringanPage 5

Tehnik Komputer Jaringan

 PERSAMAAN NILAI  BINER DAN DESIMAL

 TINGKATAN DALAM BINER

Desimal Biner

0 0 0 0 0

1 0 0 0 1

2 0 0 1 0

3 0 0 1 0

4 0 1 0 0

5 0 1 0 1

6 0 1 1 0

7 0 1 1 1

8 1 0 0 0

9 1 0 0 1

10 1 0 1 0

o Bilangan biner x20 = Bilangan biner x1

o Bilangan biner x21 = Bilangan biner x2

o Bilangan biner x22 = Bilangan biner x4

o Bilangan biner x23 = Bilangan biner x8

o Bilangan biner x24 = Bilangan biner x16

o Bilangan biner x25 = Bilangan biner x32

o Bilangan biner x26 = Bilangan biner x64

o Bilangan biner x27 = Bilangan biner x128

o Bilangan biner x28 = Bilangan biner x256

o Bilangan biner x29 = Bilangan biner x512 , dst.

 KONVERSI DESIMAL KE BINER

Desimal Biner

Bil(10) 24 23 22 21 20

15 0 1 1 1 1

23 1 0 0 1 1

31 1 1 1 1 1

o 7-4 =3 Hasil konversi

o 3-2 =1 Adalah 1111(2)

16 8 4 2 1

Tehnik Komputer JaringanPage 6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TerimakasihTelah berkomenta :) saran dan kesan sangat dibutuhkan di blog ini . kritik akan membangun ide bagi administartor